Frankfurt Book Fair 2015

Frankfurt Book Fair 2015 merupakan ajang pameran buku yang ditunggu oleh para penggemar buku dan juga penerbit. Tahun 2015 ini Indonesia menjadi sorotan media Jerman karena Indonesia menjadi tamu kehormatan untuk Frankfurt Book Fair 2015.

Dipilihnya Indonesia sebagai tamu kehormatan karena Indonesia merupakan salah satu Negara terbesar yang padat penduduknya dan memiliki banyak penulis muda yang berbakat. Pada saat Frankfurt Book Fair lalu Indonesia memperkenalkan banyak warisan arsitektur, seni kontenporer dan juga kuliner.

Pameran saat itu  FBF 2015 lalu dibuka oleh mendikbud Anies Baswedan, beliau mengatakan terpilihnya Indonesia sebagai tamu kehormatan FBF 2015 kali ini merupakan salah satu kesempatan yang langka, agar dunia akan melihat kita sebagai salah satu Negara yang harus diperhatikan karena memiliki keanekaragaman seni, arsitektur, dan kuliner. Beliau pun percaya, nantinya hubungan Jerman dan Eropa dengan Indonesia akan lebih Indah melalui percakapan antarbudaya.

Frankfurt Book Fair 2015 saat itu mengunsung tema 17.000 Islands of Imagination, dan menyulap pavilion Indonesia menjadi tujuh pulau besar yang merepresentasikan Indonesia, mulai dari perbukuan, komik, dongeng anak, kuliner atau rempah makanan, music dan juga film.

Frankfurt Book Fair kali ini, Yayasan Pustaka Obor Indonesia ikut ambil andil dalam keriaan dalam kemegahan acara FBF 2015. Saat itu juga kami mengadakan beberapa serangkaian acara seperti temu penulis, perjanjian co-publishing dengan New Springer Nature dengan CEO Yayasan Pustaka Obor Indonesia, dan kemudian peluncuran buku Antologi Cerpen 3 negara yaitu Indonesia-Malaysia-Singapura yang berlangsung sangat meriah yang dihadiri para penulis, penerbit dan pengunjung pameran saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *