Mutilasi Dalam Perspektif Kriminologi

Modus, Locus, Tempus dan Actus merupakan hal yang perlu diketahui untuk dapat mengurai sebuah kasus yang memiliki varian-varian yang serupa atau memiliki kesamaan metode kejahatan yang dilakukan. Tinjauan teoritis dalam buku ini dilakukan dengan cara wawancara secara rutin dan memperhatikan fakta-fakta yang terungkap, saat wawancara berlangsung, banyak kasus mutilasi dalam perspektif kriminologi yang dikupas dalam buku ini. Buku ini, membahas mengenai kejahatan yang dilakukan dengan cara ‘Mutilasi’. Di Indonesia sendiri terdapat 5 kasus kejahatan yang dilakukan dengan cara mutilasi.

Kasus kejahatan tersebut dilakukan oleh Baekuni alias Babe, Zaky Afrizal Nurfaizin, Very Idham Henyansyah alis Ryan, Sri Rumiyati, dan Muryani. Kelima kasus tersebut melakukan kejahatan dengan cara yang sama namun dengan latar belakang yang berbeda.

Buku ini membahas bagaimana kejahatan tersebut dapat terjadi namun apa yang menjadi latar belakang pelaku, mengapa dapat dengan mudah melakukan tindak kejahatan mutilasi hingga berulangkali. Tidak hanya itu saja, buku ini juga membahas lebih dalam mengenai kehidupan pelaku yang mungkin saja menjadi salah satu pemicu pelaku, mengapa dapat dengan mudah melakukan tindak kejahatan dengan cara mutilasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *